Minggu, 18 Maret 2012


Membuat Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game)


By on 08.06



Kita mungkin pernah memayangkan bagaimana rasanya jika kita punya game kita semdiri. anda mungking berfikir kalau membuat game itu sulit, namun ternyata itu sangat mudah dan hanya membutuhkan sebuah software yaitu Game Maker. Software ini memudahkan anda dalam membuat game anda sendiri anda dapat menyeting karakter pada game anda sendiri, background game, Dll. kali ini saya akan menjelaskan cara membuat game 2D sederhana yaitu Ping - pong.
Pertama - tama anda harus mengunduh Game Maker terlebih dahulu Disini.

Sprites
Sprite adalah tempat kita membuat / mengedit suatu gambar, untuk game ping - pong kita akan membuat tiga buah gambar yaitu : Bola, Garis Batas dan Dayung.

Membuat Bola untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.



2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_ball. 
3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :


5. Lakukan seperti gambar di atas, buatlah sebuah gambar lingkaran dan pada bagian shape pilih yang paling akhir. kemudian simpan dengan klik tanda . kemudian klik Ok.


Membuat Garis Batas untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_line. 
3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :


5. Buatlah gamabar persegi seperti di atas kemudian simpan.

Membuat Dayung untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_paddle.

3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :


5. Pilih Transform > Resize canvas. ubah Widh : 16 Pixels Height : 100 pixels. buat gambar persegi panjang seperti diatas kemudian simpan.

Objects

Membuat Objek Bola :

1. Pilih menu Resources > Create Object. 
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi ball. pada field Sprite pilih spr_ball kemudian pilih OK.  


Membuat Objek Line :

1. Pilih menu Resources > Create Object.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi line. pada field Sprite pilih spr_line kemudian centang pada bagian Solid.

Membuat Objek Paddle :

1. Pilih menu Resources > Create Object.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi paddleR (untuk sisi kanan). pada field Sprite pilih spr_paddle kemudian pilih OK.
3. Lakukan hal yang sama untuk membuat dayung pada sisi kiri dan beri nama paddleL (untuk sisi kiri).


Room

Setelah kita selesai  membuat objek permainan sekarang kita akan membuat sebuah ruangan dimana permainan tersebut berlangsung.

1. Pilih menu Resources > Create Object. 
2. Pada menu properti pilih tab Setting, pada kotak nama ubah menjadi rm_main pada kotak Caption for the room isi dengan pong.


3. Pilih tab Object kemudian buatlah seperti gambar di bawah ini :


4. pada saat menggambar paddler ( biru ) jangan sempai tertukar antara kiri dan kanan.

  
Action

Objek permainan tidak akan melakukan pekerjaan jika kita tidak memerintahkanya berkerak kemana. kita harus memberikan perintah untuk membuat suatu objek bergerak atau melakuakan sesuatu jika terjadi event.

Action Objek Bola :

1. Klik 2x pada objek ball. 


2. Klik Add Event > Create.



3. Pilih Move Fixed   .klik kanan. ( ini adalah arah pertama bola tersebut bergerak)
4. Lakukan seperti gambar di bawah, klik Ok :


5. Klik kembali pada Add Event > Collison > line.
6. Pilih Bounce Action  klik kanan > Ok.( ini digunakan agar ketika bola membentur tembok ia akan memantul )

7. Klik kembali pada Add Event > Collison > paddleR. ( ini digunakan agar ketika bola membentur dayung ia akan memantul )
8. Pilih  Bounce Action   Pada properti Against pilih all objects 


9. Lakukan hal yang sama untuk  paddleL.

10. klik kembali pada Add event > Other > Outside Room.
11. Pilih Jump To Start   klik Ok.


Action PaddleL

PaddleL akan bergerak jika kita tekan pada keyboard Up/Down.

1. klik 2x pada objek paddleL > Add Event > Keyboard > Up.
2. Pilih Jump To Position  klik kanan. pada jendela properti ubah nilai Y = -10 kemudian centang pada bagian Relative klik OK.


3. Klik Add Event > Collison > line.  Pilih Move Fixed   .klik kanan > Ok. ( ini digunakan agar dayung tidak melewati batas garis )


Action PaddleR

PaddleR akan bergerak mengikuti bola yang datang.

1. klik 2x pada objek paddleR > Add Event > Step > Step.
2. Pilih Execute Code. Ingat anda harus selalu melatakan Execute Code pada bagian teratas. 



















3. Masukan kode berikut ini :



4. klik Ok, Klik Add Event > Collison > line.  Pilih Move Fixed   .klik kanan > Ok. ( ini digunakan agar dayung tidak melewati batas garis ).


Menghitung Score

Sebuah permainan tidak akan seru jika tidak ada hasil scorenya, maka dari itu kita akan membuat penghitung score.

1. Klik 2x pada objek ball. 
2. Pilih Create pada tabel event. 
3. Pilih Set Variable, ubah nama pada veriabel menjadi score1.


4. Buatlah Sebuah Set Variable baru dengan nama variabel score2. lakukan seperti diatas.
5. Pilih Execute Code. Ingat anda harus selalu melatakan Execute Code pada bagian teratas. masukan script berikut :



6. Pilih Outside Room pada tabel event. Kemudian pilih Execute Code, kemudian masukan script berikut :



7. Klik simpan, simpan game dengan pilih File > Save As.

Sekarang selesailah game anda, anda tinggal menjalankanya dengan cara mengklik Run .


Tukang Coding
Judul: Membuat Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game)
Review oleh: Tukang Coding | Template TreTans 1.0
Update pada: 08.06 | Rating: 4.5

Comment for "Membuat Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game)"

0 komentar

Posting Komentar