Sebelumnya kita telah belajar membuat game serhana (ping - pong), kali ini kita akan membuat game yang tidak jauh berbeda sistemnya dengan game sebelumnya yaitu Bounce, terlebih game ini lebih mudah dibuat dari game sebelumnya. silahkan lihat cara membuat gamenya di bawah.
Membuat Sprite
Buatlah 4 buah sprite utama dengan nama : spr_bola, spr_palang, spr_tembok, spr_balok1 dan spr_balok2.
jika anda lupa cara membuatnya lihat kembali pada artikel sebelumnya Disini. lihat bentuk gambar dari masing - masing sprite tersebut di bawah :
Membuat Objek
Buatlah 4 buah objek utama dengan nama : bola, palang, tembok, balok1 dan balok 2. jangan berikan event terlebih dahulu pada objek. pada objek Tembok, Palang dan Balok1-2 centang pada bagian Solid.
Membuat Room
1. Klik Ressources > Create Room. ubah nama room menjadi rm_main ubah Width = 514 Height = 600. buatlah sehingga berbentuk seperti ini :
Memberikan Event
Bola
1. klik 2x pada objek bola kemudian klik Add Event > Create. Pilih Move Fixed pada Action kemudian ubah arahnya menjadi kekiri dan kekanan kemudan ubah speed menjadi 10.
2. masih pada objek bola klik Add Event > Collison > Tembok. Pilih Bounce pada Action. lakukan hal yang sama pada Palang dan Balok 1 - 2. hingga seperti gambar di bawah :
3. Klik Add Event > Other > Outside Room. pilih Jump To Start kemudian tambahkan lagi action, pilih Dissplay Message, pada display message isi dengan " Game Over ! ! ! ".
Balok
Kita akan memberikan efek hilang jika bola mengenai balok.
1. Klik dua kali pada Objek Balok 1 > Add Event > Collison > Bola. pilih Destroy Instance. lakukan hal yang sama pada Blaok 2.
Palang
1. Klik 2x pada objek palang > Add Event > Collison > Balok > Bounce.
2. Klik Add Event > Keyboard > Left > Jump To Position. ubah nilai X = -7, centang pada Relative.
3. klik Add Event > Keyboard > Right > Jump To Position. ubah nilai Y = 7, centang pada Relative.
Sekarang anda dapat mencoba jalankan game anda dengan cara klik Run
0 komentar
Posting Komentar