Jumat, 28 Desember 2012


Membuat Game Dengan Game Maker Feed the fish


By on 18.04

Gambar Game Ketika Berjalan

Kali ini kita akan membuat game yang membuat sebuah objek menjadi berinteraksi dengan objek lain yang dibuat. game ini mirip seperti permainan insaniaquarium, anda akan menggunakan mouse untuk memberimakan ikan kemudian ikan akan mengejar makanan tersebut lalu
memakannya. yah, seperti pelihara ikan digital.

A. Membuat Sprites

Pertama buatlah dua buah sprites :

1. s_Ikan

Sprites ini akan menjadi gambar ikan kita nanti, buat sprites baru dengan cara Klik Resources -> Create Sprite.


Property :
Name : s_Ikan
Width : 16
Height : 8
Orign = X : 8 Y:4

Buat dua buah gambar sub image seperti gambar di atas. buat satu ke arah depan dan satu ke arah belakang, agar ketika ia berenang kebelakang ia tidak terlihat mundur. gak lucu kan kalau ikan berenangnya mundur ( heheh ).

2. s_Pellet

Ini akan menjadi makanan ikan kita nanti, Buat sprites dengan cara yang sama seperti di atas :


Property :
Name : s_Pellet
Width : 8
Height : 8
Orign = X : 4 Y : 4 ( Center )

Anda cukup membuat satu buah image seperti di atas.

B. Membuat Objek

Buatlah tiga buah Objek :

Ini adalah objek ikan kita, buat objek dengan cara klik Resources -> Create Object.

1. Fish

Property : 
Nama : Fish
Sprite : s_ikan

2. Game

Property :
Nama : Game
Sprite : -
Depth : -1

3. Pellet

Property :
Nama : pellet
Sprite : s_Pellet

Bila kurang jelas lihat gambar di atas.

C. Pemberian Event

Unutuk membuat ikan mengikuti si pelet kita harus memberikan event pada masing - masing object :

1. Objek Fish


Berilah tiga buah event seperti gambar di atas :

- Buat event Create lalu masukan code dengan script seperti ini : 

fishSpeed = 5;
image_speed = 0;

- Buat evet Step lalu masukan code dengan scrpit seperti ini :



- Buat event Collison terhadap objek Pellet, ini akan membuat pelet menghilang ketika dia bertemu dengan ikan, tambahkan code dengan script ini :



2. Objek Pellet



- Buat event create kemudian masukan code dengan script berikut :

speed = 2;
direction = 270;

-Buat event Outside Room kemudian masukan code dengan script berikut :

instance_destroy();

3. Objek Game



- Buatlah event Create kemudian masukan code dengan script berikut :

instance_create(room_width/2,room_height/2,Fish);

- Buatlah event Glob Left Pressed kemudian masukan code dengan script berikut :

instance_create(mouse_x,mouse_y,Pellet);

- Buatlah event Room Start kemudian masukan code dengan script berikut :

room_caption = "Beri Makan Ikan";

- Buatlah event Draw kemudian masukan code dengan script berikut :


draw_set_halign(fa_center);
draw_text(room_width/2,64,"Ini adalah contoh game yang mengikuti objek");

D. Membuat Room

Buatlah sebuah room baru untuk tempat tamilan ikan nanti dengan cara klik Resources -> Create Room


Tambahkan objek game pada room seperti gambar di atas. kemudian anda bisa mengganti backgroud room anda sesuka hati dengan warna apa saja.

E. Memulai Game

Untuk menjalankan game anda tekan F5 pada keyboard maka tampilan game anda akan seperti ini :


Nah ikan digital anda telah jadi, bisa di bilang ini adalah dasar dari game insaniquarium. jika anda bisa ngembangkannya mungkin anda bisa membuat game yang lebih hebat lagi.


Tukang Coding
Judul: Membuat Game Dengan Game Maker Feed the fish
Review oleh: Tukang Coding | Template TreTans 1.0
Update pada: 18.04 | Rating: 4.5

Comment for "Membuat Game Dengan Game Maker Feed the fish"

0 komentar

Posting Komentar