Sabtu, 24 Maret 2012


Macam - Macam Resource Pada Game Maker


By on 06.08

Game Maker

Sebelumnya penulis sudah pernah menulis tentang artikel bagai mana cara membuat game dengan game maker 2D maupun 3D. Mungkin sebagian besar dari pembaca belum mengetahui apa itu game maker dan hal apa saja yang terdapat dalam game maker.

Pengertian Game Maker
Game maker adalah salah satu game engine yang bisa membantu anda menjadi penggembang game komputer tanpa menggunakan coding yang banyak. dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer. anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.


Bagian - Bagian Game Maker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.






Sprites
Sprite adalah gambar dari semua objek dalam game. Sprite bisa terdiri dari satu gambar saja atau lebih dari satu gambar sehingga terlihat seperti gerakan animasi. Sebagai contoh, empat gambar sprite berikut untuk membentuk karakter yang sedang berjalan.


Sound
Dengan sound kita dapat menyertakan suara latar atau efek suara sehingga game terasa lebih hidup. dalam game maker sudah terdapat bebrapa efek usara yang telah di sediakan, conotoh penggunaanya aldalah :

Klik Menu Resources > Create Sound > Load Sound. Anda dapat mengetesnya dengan menekan tombol berwarna hijau.



Backgrounds
Backgroud adalah gambar besar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang berlangsung. anda dapat memodifikasi latar belakang dengan flash sehingga terlihat bergerak



Pahts
Phats adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objel dalam game. dengan pahts kita dapat menentukan kearah mana sebuah objek bergerak seperti pergerakan musuh dalam game



Script
Script dalam game maker tidak terlalu banyak hanya beberapa baris kode program. terdapat dua cara membuat program, yaitu dengan cara drag-and-drop, dan cara membuat script program. Script merupakan koleksi dari fungsi-fungsi statement program yang dapat kita jalankan dari berbagai obyek, atau berbagai script kode.


Font

Font digunakan untuk menambahkan font yang akan di gunakan dalam game. font biasanya digunakan dengan fungsi text drawing.



Time Lines
Dengan time lines kita dapat memberikan waktu pada suatu objek dalam melakukan sebuah event atau acion pada game dengan waktu yang sudah ditentukan.



Object

Objek merupakan hal terpenting dalam Game. objek merupakan benda hidup yang bertindak dalam permainan. Sebuah objek diberikan pergerakan melalui event yang harus direaksi oleh game, dan bagaimana seharusnya bereaksi. Sebuah objek biasanya diwakili oleh sebuah sprite.

Kejadian yang dapat dilakuakn oleh obyek misalnya kejadian input (keyboard, joystick, mouse), peristiwa tabrakan (tabrakan dengan objek lain), alarm kejadian (timer) dan beberapa jenis kejadian lainnya. Ketika sebuah kejadian terjadi, sejumlah tindakan akan diambil. Tindakan ini dipilih dari daftar tindakan. Tindakan bisa merupakan gerakan, penciptaan objek lain, memainkan suara, mengubah sprite,dll. Ini merupakan benda yang "menyusun" permainan.




Event
Event adalah pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut. seperti : Benturan, input keyboard, pergerakan mouse, Dll.



Room
Room adalah ruangan dimana game berjalan danjuga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak. kita dapat membuat banyak room sehingga terdapat rintangan yang berbeda pada setiap game pada masing - masing roomnya. room dapat dihubungkan dengan room lain sehinnga suatu objek dapat berpindah - pindah.

Tukang Coding
Judul: Macam - Macam Resource Pada Game Maker
Review oleh: Tukang Coding | Template TreTans 1.0
Update pada: 06.08 | Rating: 4.5

Comment for "Macam - Macam Resource Pada Game Maker"

0 komentar

Posting Komentar